PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MANDIRI POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA
Main Author: | Priscylio, Ghery |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jtlp/article/view/4093 https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jtlp/article/view/4093/2421 |
Daftar Isi:
- Ketuntasan belajar merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran Fisika. Hasil wawancara dengan guru dan pemberian angket kepada 22 siswa di salah satu sekolah di kota Malang didapatkan data bahwa 72,70 % siswa tidak dapat menangkap materi pembelajaran dalam sekali penjelasan, maka perlu keberulangan dalam penyampaian penjelasan materi. Hasil angket tingkat penguasaan konsep siswa dalam satu pertemuan rata-rata 69.72%. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar mandiri pada pokok bahasan suhu dan kalor menggunakan software Camtasia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan bahan ajar mandiri berbantuan software camtasia materi Suhu dan Kalor untuk Siswa SMA mengadaptasi model pengembangan Four-D Models oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Tahapan model pengembangan Four-D Model yang terdiri dari empat tahap dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Berdasarkan analisis data keseluruhan uji validasi oleh 3 validator yaitu 1 dosen dan 2 guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.285. jika disesuaikan dengan kriteria yang telah ditentukan, maka nilai tersebut dinyatakan valid dan layak.