PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
Main Author: | Vasia Anggis, Eka |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Wiralodra
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/49 http://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/49/33 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Kelas B2013 di UM, didapatkan kondisi pembelajaran yang baik. Namun, 65% mahasiwatidak memiliki tanggung jawab akan tugas, 75% kurangnya perhatian tugasantarkelompok. 45% mahasiswa kurang fokus dalam menerima pembelajaran, 80%posisi duduk belum mencerminkan adanya interaksi antarkelompok. 48% terdapatbeberapa mahaiswa yang mengantuk. Tujuan penelitian ini adalah (1) untukmeningkatkan motivasi belajar melalui jigsaw berbasis LS. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study (PTK_LS). Pendekatan penelitiandeskriptif kualitatif. Prosedur penelitian PTK_LS sebanyak 2 siklus. Subyek penelitianadalah mahasiswa biologi UM Kelas B. Instrumen penelitian meliputi lembarinstrumen penilaian keterlaksanaan LS, intrumen penilaian lembar observasi motivasibelajar siswa. Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan jigsaw_LS sebesar 100%.Penerapan model Jigsaw_LS dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 8,0% darisiklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan Jigsaw_LS dapatmeningkatkan motivasi belajar mahasiswa .