UPAYA PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP NEGERI 1 CIBITUNG)

Main Author: Purnama, Ruli
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur , 2019
Online Access: https://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/90
https://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/90/74
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengangkat masalah mengenai bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada Standar Komepetensi Kondisi Perkembangan Negara di Dunia melalui model pembelajaran berpasangan di kelas IX A SMP Negeri 1 Cibitung Kabupaten Pandeglang. Selama proses pembelajaran terbukti dari semangat dan motivasi yang tinggi yang diperlihatkan oleh siswa selama proses pembelajaran berlangsung dari prasiklus hingga akhir siklus 2, sehingga terlihat peningkatan nilai pada penilaian proses yang diperoleh para pasangan. Berdasarkan analisis data hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada Standar Kompetensi Kondisi Perkembangan Negara di Dunia di Kelas IX A SMP Negeri 1 Cibitung.