MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SDN MONTOR 2 KECAMATAN PAGELARAN TAHUN 2013

Main Author: Suswati, Neneng Het
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur , 2018
Online Access: http://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/72
http://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/72/60
Daftar Isi:
  • Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI  diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kreatifitas dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif  Tipe TAI dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang Konduktor dan Isolator Panas pada pelajaran IPA di Kelas VI SDN Montor 2 Kecamatan Pagelaran?. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa  tentang Konduktor dan  Isolator Panas pada pelajaran IPA di Kelas VI SDN Montor 2 Kecamatan Pagelaran? Tujuan dari penelitian ini adalah: Ingin mengetahui dan memahami rencana pembelajaran  IPA  tentang Konduktor dan Isolator Panas  dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI  di Kelas VI SD Negeri Montor 2 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang.  Ingin mengetahui dan memahami proses berlangsungnya  pembelajaran  IPA dalam materi Konduktor dan Isolator Panas di Kelas VI SD Negeri Montor 2 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI.Penelitian ini menggunakan penelitian  tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan  yaitu, prasiklus nilai rata-rata 53.04 ,siklus I  nilai rata-rata 62.80   dan  siklus II nilai rata-rata 83.47.