MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SDN MONTOR 2 KECAMATAN PAGELARAN TAHUN 2013
Main Author: | Suswati, Neneng Het |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Syekh Manshur
, 2018
|
Online Access: |
http://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/72 http://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/72/60 |
Daftar Isi:
- Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kreatifitas dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang Konduktor dan Isolator Panas pada pelajaran IPA di Kelas VI SDN Montor 2 Kecamatan Pagelaran?. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang Konduktor dan Isolator Panas pada pelajaran IPA di Kelas VI SDN Montor 2 Kecamatan Pagelaran? Tujuan dari penelitian ini adalah: Ingin mengetahui dan memahami rencana pembelajaran IPA tentang Konduktor dan Isolator Panas dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI di Kelas VI SD Negeri Montor 2 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang. Ingin mengetahui dan memahami proses berlangsungnya pembelajaran IPA dalam materi Konduktor dan Isolator Panas di Kelas VI SD Negeri Montor 2 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu, prasiklus nilai rata-rata 53.04 ,siklus I nilai rata-rata 62.80 dan siklus II nilai rata-rata 83.47.