PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI FENOMENA ALAM MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA KARTIKA XIII-1 AMBON

Main Author: Mainassy, Selviana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura) , 2020
Online Access: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arbitrer/article/view/1794
https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arbitrer/article/view/1794/1412
https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arbitrer/article/view/1794/1413
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Concept Sentence untuk  meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi fenomena alam melalui media audio visual pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Kartika XIII-1 Ambon. PTK ini dilaksanakan melalui dua siklus. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran ini dapat merangsang siswa menyusun kalimat-kalimat dengan beberapa kata kunci yang disediakan guru. Hasil observasi siklus 1, nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,94 dan ketuntasan belajar mencapai 68,75 %. Pada siklus 2 peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,31 dengan ketuntasan belajar mencapai 87,5%.