PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH TIPE GRAVITASI DAN TIPE KANTILEVER PADA GRAVING DOCK DI PT DOK DAN PERKAPALAN AIR KANTUNG UNIT GALANGAN SELINDUNG KOTA PANGKALPINANG
Main Authors: | Syarifullah, Syarifullah, Fahriani, Ferra, Apriyanti, Yayuk |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung
, 2018
|
Online Access: |
https://journal.ubb.ac.id/index.php/fropil/article/view/1264 https://journal.ubb.ac.id/index.php/fropil/article/view/1264/896 |
Daftar Isi:
- Graving dock merupakan fasilitas pengedokan kapal yang mempunyai bentuk seperti kolam yang terletak di tepi pantai atau sungai.Pada pnelitian ini dilakukan analisis graving dock di di PT Dock dan Perkapalan Air Kantung Unit Galangan Selindung Kota Pangkalpinang. Studi ini bertujuan untuk merencanakan dimensi dinding penahan tanah yang stabil terhadap stabilitas penggeseran, penggulingan, daya dukung tanah serta penurunannya dengan menggunakan tipe gravitasi dan tipe kantilever pada graving dock. Perhitungan menggunakan Teori Rankine dan coulomb serta perhitungan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas dukung tanah dihitung berdasarkan persamaan Hansen dan Vesic berdasarkan data karakteristik keteknikan (c dan Ø). Hasil perhitungan untuk dinding gravitasi dari pasangan batu direncanakan tinggi dinding (H) = 6 m, Lebar alas dinding (B1) = 4,2 m, Lebar atas dinding (B2) = 0,5 m, Tebal alas pondasi (D) = 1 m, dan Lebar alas depan dinding (B3) = 0,5 m, didapatkan faktor keamanan terhadap geser (Fgs) = 4,64 ,faktor keamanan terhadap guling (Fgl) = 4,1 faktor keamanan terhadap keruntuhan daya dukung tanah (F) = 4,82 dan stablitas terhadap penurunan (∑S) = 5,15 mm .Sedangkan dinding kantilever dengan material dinding dari pasangan beton direncanakan tinggi dinding (H) = 6 m, Lebar alas dinding (B1) = 4,2 m, Lebar atas dinding (B2) = 0,4 m, Tebal alas pondasi (D) = 0,6 m, dan Lebar alas depan dinding (B3) = 1,4 m, didapatkan stabilitas faktor keamanan terhadap geser (Fgs) 2,75, faktor keamanan terhadap guling (Fgl) = 2,53, faktor keamanan terhadap keruntuhan daya dukung tanah (F) = 4,15dan stablitas terhadap penurunan (∑S) = 0,56 mm