KOMPETISI PEMILIHAN MODA ANGKUTAN PENUMPANG BERDASARKAN MODEL LOGIT-BINOMIAL-SELISIH DAN LOGIT-BINOMIAL-NISBAH
Main Author: | Wulansari, Dwi Novi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.ubb.ac.id/index.php/fropil/article/view/1231 http://journal.ubb.ac.id/index.php/fropil/article/view/1231/868 |
Daftar Isi:
- Dalam sistem transportasi di suatu perkotaan perlu diamati perilaku para pengguna jalan raya agar diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam melakukan pemilihan moda. Sehingga diperoleh suatu model pemilihan moda yang dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda angkutan umum, serta dapat mengestimasi sensitivitas pelaku perjalanan dalam penentuan pemilihan moda apabila dilakukan perubahan terhadap atribut perjalanannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode analisis pemilihan diskrit terhadap perilaku individu. Model pemilihan moda yang digunakan adalah Model Logit-Binomial-Selisih dan Model Logit-Binomial-Nisbah. Pemilihan dua moda yang ditinjau adalah 1) Kereta api bandara dan Bus Damri, 2) Kereta api bandara dan taksi, 3) Kereta api bandara dan kendaraan pribadi (mobil). Selanjutnya berdasarkan hasil analisis sensitivitas, diketahui bahwa yang paling sensitif mempengaruhi probabilitas pemilihan moda adalah tarif (biaya perjalanan). Dimana perubahan pada biaya perjalanan akan mengakibatkan perubahan probabilitas pemilihan moda yang relatif lebih besar dibandingkan bila terjadi perubahan pada atribut lainnya.
- In the urban transport system, need to observe the behavior of road users in order to know the factors that affect in an election mode. In order to obtain a model that can explain the mode choice probability of the user in choosing public transport modes, as well as be able to estimate the sensitivity of user in determining the mode choice when to amend an attribute journey. This study was performed using a discrete choice analysis on the behavior of individuals. The model used is the mode choice logit-binomial-difference models and logit-binomial-ratio models.The selection of two modes being simulated is 1) Airports Train and Bus Damri, 2) Airport train and taxi, 3) Airport train and private vehicles (cars). Based on the results of the sensitivity analysis, it is known that the most sensitive influence modal choice probability is travel costs. Where changes in the cost of the trip will result in a change mode choice probability is relatively higher than when there is a change on other attributes.