MENGEMBANGKAN METODE HOMESCHOOLING BAGI MASYARAKAT KELURAHAN SIDODADI KEC. KOTA KISARAN BARAT KAB. ASAHAN

Main Authors: Manurung, Paisal, Permata Sari, Putri Lidiana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat , 2019
Online Access: http://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/657
http://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/657/578
Daftar Isi:
  • AbstrakBerdasarkan definisi pendidikan dan sistem pendidikan nasional tersebut, sekolah rumah menjadi bagian dari usaha pencapaian fungsi dan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan kepada penjelasan di atas bahwa pendidikan mampu mengembangkan potensi menuju masyarakat mandiri yang cerdas. Hal ini menjadi masalah mendasar di Kel. Sidodadi Kec. Kisaran Barat Kab. Asahan, dimana anak-anak Kel. Sidodadi Kec. Kisaran Barat Kab. Asahan ini banyak membantu usaha orang tua mereka dengan membuat batu bata setelah pulang dari sekolah. Riset ini akan menggunakan pendekatan deskriptif qualitatif yang data akan disajikan dengan penjelasan berdasarkan kepada temuan-temuan dilapangan. Sehingga riset ini akan memberikan inovasi kepada masyarakat lain mengatasi permasalahan rendahnya prestasi belajar. Kata kunci—homeschooling, pendidikan, non-formal, riset AbstractBased on the definition of education and the national education system, home schools are part of the effort to achieve national education functions and objectives, namely developing capabilities and forming dignified national character and civilization in order to educate the nation's life, aiming at developing potential students to become believers and fear the Almighty God, and become a democratic and responsible citizen. Based on the explanation above that education is able to develop the potential towards a smart independent society. This is a fundamental problem in Ex. Sidodadi Kec. Kisaran Barat Kab. Asahan, where are the children of Kel. Sidodadi Kec. Kisaran Barat Kab. Asahan helps a lot of their parents' business by making bricks after returning home from school. This research will use a qualitative descriptive approach in which data will be presented with an explanation based on the findings in the field. So that this research will provide innovation to other communities to overcome the problems of low learning achievement. Keywords -- homeschooling, education, non-formal, research