Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa

Main Authors: Hamka, Defrizal -, Kurnia Vilmala, Berry
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Teacher Training and Education , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1439
http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1439/858
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) mengetahui kelayakan pengembangan pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom untuk peningkatan kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan IPA berdasarkan penilaian ahli, 2) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom untuk peningkatan kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan IPA pada uji coba produk, dan 3) mengetahui keefektifan pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom untuk peningkatan kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan IPA. Metode yang digunakan Research & Development (R&D) dengan pendekatan kuntitatatif dan kualitatif, yang dilaksanakan di program studi pendidikan IPA. Dengan pengujian kelayakan media dan materi dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Dari hasil penelitian menunjukan bahawa perangkat pembelajaran blended learning melalui google classroom menurut para ahli dinyatakan layak. Hasil pengembangan rencana pembelajaran sangat layak digunakan. Hasil pengembangan bahan ajar sangat layak digunakan. Keterlaksanaan pembelajaran blanded learning melalui aplikasi google classroom Berdasarkan observasi pada aplikasi google classroom dapat dilihat bahwa respon mahasiswa terhadap pembelajaran sangat baik, hal ini diketahui dari aktivitas mahasiswa saling berdiskusi dan berkomunikasi pada google classroom. Efektivitas pemebelajaran berdasarkan responden terhadap perangkat pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom efektif untuk kemandirian belajar. Hasil persentase terhadap efektifitas perangkat pembelajaran adalah 61,11 %. Hal ini dapat diketahui dari sebagian besar responden menyatakan setuju terhadap item angket kemandirian belajar.