IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA

Main Author: Hamka, Defrizal -
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Teacher Training and Education , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1229
http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1229/735
Daftar Isi:
  • ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi mahasiswa tentang implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, (2) kemampuan dosen tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa dengan jumlah 21 orang dan 7 orang dosen program studi pendidikan IPA. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi mahasiswa terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi termasuk pada proses pembelajaran program studi pendidikan IPA dalam katergori sangat baik dan, (2) kemampuan dosen dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran di program studi pendidikan IPA termasuk dalam katergori sangat baik.