Penerapan e-Learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended learning Bagi Siswa SMK
Main Authors: | Herlandy, Pratama Benny, Novalia, Melly |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Teacher Training and Education
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1225 http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/article/view/1225/734 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan media e-Learning berbasis tutorial dalam proses pembelajaran produktif SMK pada matapelajaran teknologi layanan jaringan pada materi komunikasi dalam jaringan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Kota Pekanbaru. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan diantaranya tes pemahaman konsep, angket motivasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep peserta didik dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan media adalah 65,5 dan nilai rata-rata setelah menggunakan media adalah 87,5. Berdasarkan analisis inferensial, didapatkan bahwa thitung > tÂ, dengan nilai thitung = 3,65 dan ttabel = 2,04 pada taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dismpulkan bahwa pembelajaran komunikasi dalam jaringan dengan menggunakan media e-Learning berbasis tutorial sangat efektif untuk dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.