Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Peta Universitas Klabat Berbasis Android

Main Authors: Lengkong, Oktoverano; Universitas Klabat, Soedjarwo, Andika; Universitas Klabat
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: STMIK Pontianak , 2018
Online Access: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sensitek/article/view/295
http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sensitek/article/view/295/217
Daftar Isi:
  • Universitas Klabat (Unklab) merupakan universitas yang memiliki lokasi kampus dengan lahan yang luas. Namun dengan sarana petunjuk umum dan informasi yang ada di Universitas Klabat saat ini, masih belum lengkap untuk membuat mahasiswa ataupun pengunjung kampus dalam mengenali lingkungan kampus dengan cepat dan mudah. Peneliti melihat adanya kesempatan untuk membuat aplikasi Peta Unklab dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android yang dapat menampilkan lokasi dan informasi dari setiap bangunan yang berada di Universitas Klabat. Augmented Reality (AR) telah menjadi salah satu penelitian dalam hal pemanfaatan pemodelan objek secara virtual. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang Aplikasi peta UNKLAB dengan teknologi Augmented Reality berbasis android. Pada aplikasi ini, akan menampilkan peta UNKLAB 3-dimensi yang dikenali dari markerless kemudian divirtualisasikan menjadi objek virtual yang ditambahkan pada dunia nyata yang hanya terlihat melalui layar perangkat yang digunakan. Setiap bangunan dari peta UNKLAB 3-dimensi tersebut kemudian dapat disentuh untuk menampilkan informasi. Peneliti menggunakan metode penelitian rekayasa perangkat lunak (RPL) dengan Tools yang digunakan yaitu Cinema 4D, Unity 3D, dan Vuforia SDK. Hasil analisis dan perancangan dari aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi pengunjung atau mahasiswa yang baru pertama kali berada di lingkungan Universitas Klabat.Kata kunci: Android, Augmented Reality, Markerless, Peta, Unklab