Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Bunga Potong:studi kasus pondok lily rawa belong, Jakarta Barat

Main Authors: Rahmi Purnomowati ( Pembimbing I ), Siti Rochaeni ( Pembimbing II ), Vivi Ataini
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT , 2020
Subjects:
070
Online Access: http://opac.fst.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=6541
Daftar Isi:
  • Penelitian berjudul Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Bunga Potong (Studi Kasus Pondok Lily Rawa Belong, Jakarta Barat) bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik konsumen; (2) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor sosial, budaya, pribadi dan psikologis (masing-masing faktor) terhadap keputusan pembelian konsumen; dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh keempat faktor di atas (secara bersama-sama) terhadap keputusan pembelian konsumen bunga potong di Pondok Lily. Penelitian tersebut dilakukan pada bulan November 2019 sampai Januari 2020. Tujuannya adalah untuk menjelaskan pengaruh faktor sosial, budaya, pribadi, dan psikologis (variabel independen) terhadap keputusan konsumen dalam pembelian bunga potong (variabel dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang melakukan pembelian di Pondok Lily. Sampel berjumlah 70 responden yang didapatkan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif yang diambil dari sumber primer dan sekunder. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa faktor sosial, budaya, pribadi dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Tetapi, bila dilihat secara parsial, hanya faktor pribadi dan psikologis yang berpengaruh sedangkan faktor sosial dan budaya tidak. Faktor sosial tidak berpengaruh karena konsumen sudah memiliki pengalaman membeli bunga potong dan tersedianya informasi online yang mengurangi interaksi sosial. Informasi dari pengelola dan online lebih mereka percaya daripada teman. Faktor budaya juga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen karena bunga potong kurang populer di lingkungan budaya mereka. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 45,1%.Kata kunci: bunga potong, keputusan pembelian konsumen, pengaruh faktor sosial budaya pribadi psikologis, regresi linear berganda.
  • 135 hlm,; 28 Cm.