RANCANG BANGUN APLIKASI GAMES PEMBELAJARAN AKSARA LAMPUNG BERBASIS ANDROID

Main Author: EDI SULAKSANA, GEDE
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/872/1/12.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/872/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam kebudayaan. Kebudayaan tersebut mencakup kesenian, tatanan bahasa, pakaian, makanan khas hingga tingkah laku masyarakat. Salah satu bentuk tatanan bahasa yaitu berupa tulisan atau yang biasa disebut dengan aksara. Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki bahasa dan aksara daerah. Aksara Lampung atau Had Lampung yang biasa disebut dengan istilah KaGaNga ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan dengan huruf induk berjumlah 20 huruf. Dikalangan masyarakat banyak didapati yang kurang memahami Aksara Lampung dan minat melestarikan Aksara Lampung, karena dalam segi pembelajaran atau pemahaman masih membaca buku teks, sehingga secara minat masyarakat untuk mempelajari atau memahami Aksara Lampung cukup rendah. Sehingga dilakukan penelitian berjudul “Rancang Bangun Aplikasi Games Aksara Lampung Berbasis Android)” dengan harapan aplikasi ini dapat membantu meningkatkan minat masyarakat dalam mempelajari, memahami dan melestarikan Aksara Lampung. Diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mempelajari, memahami dan melestarikan Aksara Lampung. Aplikasi ini berbasis android dan dikembangkan atau dibuat menggunakan construct 2 dimana aplikasi diuji menggunakan black box testing dan usability testing