IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA APLIKASI GAME EXPLORE ANTARIKSA BERBASIS ANDROID

Main Author: M Adzan, Hiliawan
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Perpustakaan Teknokrat , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/310/1/7.ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/310/
Daftar Isi:
  • Antariksa adalah sebuah kumpulan dari segala galaksi yang berkumpul dalam satu kesatuan. menusia memiliki beragam pertanyaan mengenai langit, antariksa, planet, bintang dan galaxi. Didasari oleh pertanyaan-pertanyaan tersebut dan rasa ingin tahu yang dimiliki oleh manusia, manusia melakukan berbagai penelitian dan penyelidikan mengenai antariksa. Banyak masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar SMU/SMK/MAN/sederajat yang belum mengetahui informasi seputar antariksa seperti planet, dan informasi mengenai luar angkasa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu membuat suatu media hiburan yang informatif yang dapat memperkenalkan antariksa kepada masyarakat. Dalam game yang dibuat menerapkan metode Finite State Machine pada game “Space Adventure” yang berjenis adventure platformer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu tinjauan pustaka dan kuesioner. Sumber data diperoleh dari 20 orang responden yang dipilih secara acak yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA/SMK/MAN/sederajat. Metode pengujian yang digunakan yaitu ISO 9126 dengan aspek penilaian yaitu functionality, efficiency, usability, dan portability. Game dibangun menggunakan aplikasi construct2. Desain assets dibuat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6. Musik latar pada game menggunakan aset dari youtube.com/redfocgamedev. Penelitian menghasilkan game “Space Adventure” yang berjalan pada platform android. Pengujian terhadap 4 aspek penilaian menghasilkan rata-rata skor 94% yang mana masuk dalam kriteria “Sangat Baik”.