Konsep Pendidik dalam Perspektif Alquran dan hadis

Main Author: Syafei, Ahmad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Agama Islam , 2018
Online Access: https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/51
https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/51/36
ctrlnum article-51
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Konsep Pendidik dalam Perspektif Alquran dan hadis</title><creator>Syafei, Ahmad</creator><description lang="en-US">Pendidikan adalah humanisasi, yaitu upaya memanusiakan manusia atau upaya membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiannya. Karena itu pendidikan berarti upaya membantu manusia untuk menjadi apa, mereka dapat apa? Dan menyadarkan manusia bahwa kedudukan mereka sangat mulia di bandingkan dengan makhluk Allah Swt. yang lainnya. Maka pendidik perlu memahami hakikat manusia. Manusia di tuntut memiliki kesiapan dan kemampuan daya adaptasi terhadap nilai-nilai baru, kreatifitas untuk melakukan upaya inovasi dan daya saing untuk tetap eksis di tengah arus global yang terjadi. Kemampuan dasar di atas dipersiapkan dan dibentuk dalam proses pendidikan. Dengan sendirinya ketika kita berbicara konsep pendidikan tidak bisa dilepaskan dari penggambaran tentang sosok ideal manusia (insan kamil). Dalam praktek pendidikan Islam, salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah guru. Guru dalam perspektif agama (Islam) mempunyai peranan yang besar dan strategis. Hal ini disebabkan gurulah barisan yang berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Gurulah yang harus langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanan. Oleh karena itu guru (pendidik) harus mempunyai kompetensi yang baik untuk mengajar.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Agama Islam</publisher><date>2018-06-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/51</identifier><identifier>10.33511/qiroah.v1i1.51</identifier><source lang="en-US">Jurnal Qiroah; Vol 8 No 1 (2018); 1-24</source><source>2656-3819</source><source>2085-0115</source><source>10.33511/qiroah.v1i1</source><language>eng</language><relation>https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/51/36</relation><recordID>article-51</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Syafei, Ahmad
title Konsep Pendidik dalam Perspektif Alquran dan hadis
publisher Prodi Pendidikan Agama Islam
publishDate 2018
url https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/51
https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/51/36
contents Pendidikan adalah humanisasi, yaitu upaya memanusiakan manusia atau upaya membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiannya. Karena itu pendidikan berarti upaya membantu manusia untuk menjadi apa, mereka dapat apa? Dan menyadarkan manusia bahwa kedudukan mereka sangat mulia di bandingkan dengan makhluk Allah Swt. yang lainnya. Maka pendidik perlu memahami hakikat manusia. Manusia di tuntut memiliki kesiapan dan kemampuan daya adaptasi terhadap nilai-nilai baru, kreatifitas untuk melakukan upaya inovasi dan daya saing untuk tetap eksis di tengah arus global yang terjadi. Kemampuan dasar di atas dipersiapkan dan dibentuk dalam proses pendidikan. Dengan sendirinya ketika kita berbicara konsep pendidikan tidak bisa dilepaskan dari penggambaran tentang sosok ideal manusia (insan kamil). Dalam praktek pendidikan Islam, salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah guru. Guru dalam perspektif agama (Islam) mempunyai peranan yang besar dan strategis. Hal ini disebabkan gurulah barisan yang berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Gurulah yang harus langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanan. Oleh karena itu guru (pendidik) harus mempunyai kompetensi yang baik untuk mengajar.
id IOS7952.article-51
institution Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
institution_id 1373
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Ilmu Al-Quran Jakarta
library_id 2123
collection Jurnal Qiroah
repository_id 7952
subject_area Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
city KOTA TANGERANG SELATAN
province BANTEN
repoId IOS7952
first_indexed 2020-03-30T05:06:49Z
last_indexed 2020-03-30T05:06:49Z
recordtype dc
_version_ 1686585843665338368
score 17.538404