IDENTIFIKASI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI RANGKIANG KAUM DITINJAU DARI MARKETING MIX PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TANAH DATAR, SUMATERA BARAT
Main Authors: | WINDI PUTRI AYUSID, Ika Restu Revulaningtyas, S.T.P., M.Sc |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
D3 AGROINDUSTRI Universitas Gadjah Mada
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210910 |
Daftar Isi:
- Analisis terhadap konsumen kopi Rangkiang Kaum perlu dilakukan dikarenakan terjadinya penurunan volume penjualan akibat pandemi Covid-19 dan meningkatnya industri sejenis yang menyebabkan terjadinya persaingan pasar. Salah satu strategi yang dapat digunakan produsen dalam menentukan keputusan pembelian konsumen di masa pandemi Covid-19 ini adalah marketing mix yang berkaitan dengan 4 faktor yang dikenal dengan 4P, yaitu product, price, place dan promotion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian produk kopi Rangkiang Kaum pada masa pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal yang menggunakan teknik pengumpulan data metode kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen, yaitu variabel product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4) serta variabel dependen, yaitu keputusan pembelian (Y). Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Persamaan regresi unutuk hasil penelitian ini adalah Y=7,060 + 0,315 X1 + 0,169 X2 + 0,546 X3 – 0,019 X4. Hasil penelitian berdasarkan uji F menunjukkan bahwa keempat variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi Rangkiang Kaum dimana F hitung (24,832) > F tabel (2,47) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square sebesar 0,511 yang menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel independen sebesar 51,1% sedangkan sisanya sebesar 48,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari uji t diketahui bahwa secara parsial hanya variabel product dan place yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel price dan promotion tidak berpengaruh secara signifikan.