The Effect of Descriptive and Injunctive Social Norms Nudges to Sustainable Choices

Main Authors: SHAFIRA EMIRIA, Dr. Agapi Thaleia Fytraki
Format: Thesis
Terbitan: S1 MANAJEMEN Universitas Gadjah Mada , 2022
Subjects:
Online Access: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210865
Daftar Isi:
  • Dorongan norma sosial adalah elemen yang dapat digunakan untuk memanipulasi responden tanpa batasan atau imbalan eksplisit. Keberlanjutan di sisi lain merupakan aspek penting bagi seluruh umat manusia, dan mengubah perilaku pelanggan menuju pilihan yang lebih berkelanjutan muncul sebagai tujuan penting. Melalui tesis ini, efek dari pengaruh norma sosial yang bersifat injunctive dan deskriptif dalam mempromosikan pilihan yang berkelanjutan dianalisis. Dengan sampel 109, terdiri dari mahasiswa Erasmus University Rotterdam, survei dilakukan dan OR (OR: 2,20, 95% CI: 1,20-4,05, p<0,05) dihitung. Hasil ini menunjukkan bahwa seorang siswa yang menerima dorongan norma sosial 2,2 kali lebih mungkin untuk memilih mobil listrik daripada mobil bensin. Dengan demikian, hipotesis yang mengklaim bahwa dorongan norma sosial dapat meningkatkan pilihan target didukung dan secara khusus, norma sosial mendorong kegunaan yang signifikan untuk mempromosikan pilihan yang berkelanjutan terungkap ( X^2 = 4,687, p < 0,05, N = 109).