Pengembangan Produk Beras Analog Menggunakan Metode Kansei dan Value Engineering
Main Authors: | VIORETTA PUTRI R. S, Dr. Mirwan Ushada, STP., M.App.Life.Sc, Ir. Suharno, M.Eng., M.Eng.Sc. |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN Universitas Gadjah Mada
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210821 |
Daftar Isi:
- Ketergantungan sebagian beras masyarakat Indonesia terhadap beras padi sebagai makanan pokok dapat mempengaruhi ketahanan pangan Indonesia yang dibuktikan dengan semakin meningkatnya harga beras di Indonesia. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menciptakan sebuah beras tiruan yang bernama beras analog. Biasanya beras ini terbuat dari bahan serealia atau umbi-umbian dengan kandungan gizi yang dapat diformulasikan sesuai dengan kebutuhan masyarat sehingga dapat dikategorikan sebagai produk pangan fungsional. Melihat potensi besar dari beras analog tersebut maka perlu dilakukan pengembangan produk beras analog yang sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan minat konsumen untuk mengonsumsi beras analog.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi dua metode pengembangan produk yaitu metode kansei dan value engineering. Metode kansei engineering digunakan untuk menjaring dan menerjemahkan kesan atau perasaan psikologis konsumen dalam parameter desain pengembangan produk. Sedangkan metode value engineering digunakan untuk menganalisis sifat fungsional produk dengan mempertimbangkan biaya, keandalan, dan performansi produk beras analog.Prioritas atribut produk beras analog berdasarkan kebutuhan konsumen yaitu memiliki rasa yang enak, tekstur yang pulen dan lembek, dan warna yang cerah. Berdasarkan prioritas atribut tersebut dikembangkan tiga variasi alternatif konsep pengembangan produk beras analog dan diperoleh konsep yang memiliki value tertinggi yaitu beras analog yang terbuat dari formulasi 90% tepung sagu dan tepung mocaf 10% dengan value sebesar 1,131.