Gambaran Karakteristik Produk dan Identifikasi Kualitas Informasi Obat (Consumer Medication Information) Suplemen Asam Folat yang Disajikan Melalui E-Commerce di Indonesia
Main Authors: | REMIKO AGIT PUTRI, Dr. apt. Chairun Wiedyaningsih, M.Kes., M.App.Sc. |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
S1 FARMASI Universitas Gadjah Mada
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210801 |
Daftar Isi:
- Transaksi jual beli obat melalui e-commerce banyak diminati masyarakat karena kemudahannya. Salah satu produk yang banyak dicari adalah suplemen asam folat. Suplemen asam folat banyak terjual bebas pada situs e-commerce untuk praktik swamedikasi. Kebenaran dan kelengkapan informasi obat harus diberikan kepada pelaku swamedikasi agar tidak terjadi kesalahan penggunaan obat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui karakteristik produk dan kualitas informasi obat suplemen asam folat yang disajikan melalui e-commerce di Indonesia. Karakteristik produk suplemen asam folat akan ditinjau melalui jumlah obat yang dijual, nama merek, bentuk sediaan, dan kandungan obat (tunggal/campuran). Sedangkan untuk kualitas informasi obat akan ditinjau dari konten informasi obat, tingkat keterbacaan informasi dan fungsi situs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental dengan pendekatan cross-sectional yang dianalisis deskripsi evaluatif. Populasi penelitian ini adalah e-commerce yang ada di Indonesia (farmaku.com, k24klik.com, Tokopedia, Shopee) dan pengambilan data akan dilakukan secara purposif. Data karakteristik produk yang diperoleh selanjutnya dibuat tabulasi dengan hasil berupa jumlah dan persen. Kemudian dievaluasi kualitas konten informasi obat dengan instrumen Svarstad, keterbacaan informasi obat dengan instrumen Gunning Fog Test, dan evaluasi fungsi situs dengan empat kriteria evaluation of web functionality. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah suplemen asam folat sebanyak 268 produk. Suplemen asam folat bermerek lebih banyak dibanding generik dengan nilai sebesar 95,89%, bentuk sediaan suplemen asam folat yang paling banyak ditemukan adalah tablet, dan suplemen asam folat dengan kandungan tunggal lebih banyak dibandingkan campuran dengan nilai sebesar 71,27%. Kualitas konten informasi suplemen asam folat yang diteliti memiliki nilai sebesar 31,76%, nilai rata-rata tingkat keterbacaan informasi suplemen asam folat sebesar 14,30 atau sulit dipahami, dan hasil evaluasi fungsi situs menunjukkan bahwa keempat situs e-commerce yang diteliti memiliki fitur yang kurang lengkap karena hanya menyajikan fitur "Tanyakan Apoteker atau Penjual" dari keempat fitur yang diamati.