Gambaran Karakteristik dan Identifikasi Kualitas Informasi Suplemen Vitamin D3 yang Disajikan Melalui E-Commerce di Indonesia
Main Authors: | SHOFIN MARTLA P, Dr. apt. Chairun Wiedyaningsih, M.Kes |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
S1 FARMASI Universitas Gadjah Mada
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210747 |
Daftar Isi:
- Pada era digital saat ini, transaksi jual beli obat melalui situs e-commerce sudah lumrah dilakukan oleh masyarakat sehingga sulit untuk mengontrol kelengkapan karakteristik obat dan kesesuaian kualitas informasi obat yang diberikan untuk konsumen yang melakukan swamedikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran karakteristik dan kualitas informasi vitamin D3 yang disajikan melalui e-commerce di Indonesia. Gambaran karakteristik obat ditinjau dari jumlah produk, merek produk, bentuk sediaan, dan kandungan suplemen (tunggal atau campuran). Kualitas informasi obat ditinjau dari konten informasi obat, tingkat keterbacaan informasi dan fungsi situs.Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional yang bersifat deskriptif evaluatif. Populasi penelitian adalah e-commerce di Indonesia (Tokopedia, Shopee, Farmaku.com, dan k24klik.com). Sampel diambil secara purposif dan diamati gambaran karakteristik obat dan sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dievaluasi kualitas konten informasi obat menggunakan instrumen Svarstad yang dimodifikasi dengan CMI Medicinewise (2015) dan BPOM RI (2021), keterbacaan informasi obat dievaluasi menggunakan The Gunning Fog Test, dan evaluasi fungsi situs diamati menggunakan empat kriteria evaluation of website functionality. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan SPSS v25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah suplemen vitamin D3 sebanyak 176 produk. Suplemen vitamin D3 bermerek lebih banyak dibanding generik dengan nilai sebesar 98,86%, bentuk sediaan suplemen vitamin D3 yang paling banyak ditemukan adalah softgel, dan suplemen vitamin D3 dengan kandungan tunggal lebih banyak dibandingkan campuran dengan nilai sebesar 90,91%. Kualitas konten informasi suplemen vitamin D3 yang diteliti memiliki nilai sebesar 36,27%, nilai rata-rata tingkat keterbacaan informasi suplemen vitamin D3 sebesar 16,87 setara dengan senior college, dan hasil evaluasi fungsi situs menunjukkan bahwa keempat situs e-commerce yang diteliti memiliki fitur yang kurang lengkap karena hanya menyajikan fitur "Tanyakan Apoteker atau Penjual" dari keempat fitur yang diamati.