PENERAPAN ASAS ITIKAD BAIK DALAM PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK KCP KLATEN PASAR PEDAN

Main Authors: ARMATIA ROHMA L, Dr. Ninik Darmini, S.H., M.Hum.
Format: Thesis
Terbitan: S1 HUKUM Universitas Gadjah Mada , 2022
Subjects:
Online Access: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210357
Daftar Isi:
  • Penelitian dalam penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan asas itikad baik dalam penyelesaian kredit bermasalah di masa pandemi Covid-19 di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk KCP Klaten Pasar Pedan. Penulisan hukum ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk KCP Klaten Pasar Pedan, serta hambatan dalam penyelesaian kredit bermasalah di masa pandemi Covid-19.Penelitian hukum ini merupakan penelitian yuridis empiris yang bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan sumber data sekunder diperoleh dengan studi kepustakaan. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, Pertama, penerapan asas itikad baik dalam penyelesaian kredit bermasalah belum dilaksanakan dengan belum dilaksanakan secara maksimal, karena terdapat debitur yang wanprestasi dan menolak untuk menyelesaikan kredit bermasalah. Kedua, upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan kredit bermasalah di masa pandemi Covid-19 dengan restrukturisasi kredit, namun terdapat hambatan yakni debitur yang tidak kooperatif untuk menyelesaikan kredit bermasalah.