Persepsi Konsumen terhadap Produk Cokelat Lokal Gun-Kid, Kalurahan Bunder, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul

Main Authors: SYAMSUL FUAD, Sugiyarto, S.P., M.Sc., Dr. Ir. Lestari Rahayu Waluyati, M.P.
Format: Thesis
Terbitan: S1 EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNIS Universitas Gadjah Mada , 2022
Subjects:
Online Access: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210154
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persepsi konsumen terhadap produk cokelat lokal Gun-Kid (2) mengetahui faktor - faktor yang memengaruhi persepsi konsumen terhadap produk cokelat Gun-Kid. Pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan jumlah sampel 60 konsumen. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) uji proporsi dan (2) uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar konsumen memiliki persepsi yang baik terhadap produk cokelat lokal Gun-Kid dan (2) faktor-faktor yang memengaruhi secara signifikan persepsi konsumen terhadap produk cokelat Gun-Kid adalah penghasilan, daerah asal, frekuensi pembelian cokelat Gun-Kid, frekuensi mengonsumsi cokelat, dan pengetahuan tentang cokelat. Berdasarkan hasil penelitian, saran dari penulis adalah (1) cokelat lokal Gun-Kid harus selalu meningkatkan produknya untuk mempertahankan dan meningkatkan persepsi konsumen, (2) cokelat lokal Gun-Kid dapat melakukan promosi yang edukatif untuk meningkatkan pengetahuan konsumen tentang cokelat dan manfaatnya, (3) cokelat lokal Gun-Kid dapat mendistribusikan produknya ke luar daerah untuk menarget konsumen luar daerah sebagai cokelat khas Gunungkidul, (4) pemerintah dapat memberikan bantuan dan dukungan sehingga cokelat lokal Gun-Kid dapat tumbuh lebih cepat.