Pengembangan Produk Susu Bubuk Kambing Etawa Berdasar Kepuasan Konsumen Menggunakan House Of Quality (HOQ) Di CV. Sahabat Ternak, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi D. I. Yogyakarta
Main Authors: | MUHAMMAD IHSAN A, Dr. Ir. R. Wahyu Supartono, Dr. Novita Erma Kristanti, S.T.P., M.P. |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
MAGISTER TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN Universitas Gadjah Mada
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210124 |
Daftar Isi:
- Susu kambing etawa merupakan salah satu sumber vitamin dan gizi yang baik bagi manusia, susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI (Air Susu Ibu). Susu merupakan sumber protein, lemak, karbohidrat (laktosa), vitamin, serta mineral (kalium, kalsium, phosphor, klorida, flour, natrium, dan magnesium). Selain itu, susu mengandung enzim-enzim, air dan senyawa bioaktif dalam jumlah memadai. Dalam kondisi saat ini, perkembangan pasar sangat dinamis dan penuh persaingan, sehingga perusahaan akan sulit mempertahankan eksistensinya jika hanya bertahan pada produk yang ada. Oleh karena itu, pengembangan produk dan tingkat statusdalam suatu perusahaan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan uji kepuasan pelanggan dengan menggunakan kuisioner kemudian data diolah menggunakan house of quality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi selera konsumen sehingga peneliti bisa memberikan penawaran produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dari hasil wawancara dengan konsumen, menunjukkan bahwa ada beberapa hal penting yang menjadi pokok pertimbangan mereka ketika membeli dan mengkonsumsi susu bubuk kambing etawa, diantaranya adalah bagaimana suatu produk itu dikemas menggunakan kemasan yang baik, konsistensi rasa dan juga bagaimana citra produk tersebut dimata masyarakat. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan, terbukti bahwa seluruh item valid dan reliabel. Item yang digunakan dapat memberikan gambaran pada peneliti tentang faktor terbesar yang mempengaruhi selera konsumen dalam mengonsumsi produk susu bubuk kambing etawa. Hasil penelitian didapatkan data bahwa kandungan gizi yang terkandung dalam produk, alasan kesehatan dan selanjutnya adalah kualitas produknya menjadi faktor terbesar yang mempengaruhi pelanggan. Selanjutnya, berdasarkan penawaran desain produk baru yang menjadi prioritas perbaikan produk susu bubuk kambing etawa bagi perusahaan adalah menjadikan susu bubuk kambing untuk mampu mengembangkan produk seperti : permen susu, sabun batangan bahkan sabun cair, kemasan menggunakan alumunium foil dan lebih digiatkan dalam promosi produknya oleh perusahaan supaya menjangkau pelanggan lebih luas lagi.