Evaluasi Kebijakan Flexible Working di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kementerian Komunikasi dan Informatika
Main Authors: | DWI ASIH HANDAYANI, Agus Heruanto Hadna, Dr., M.Si. |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIK Universitas Gadjah Mada
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/210083 |
Daftar Isi:
- Pandemi Covid-19 menjadikan organisasi sektor publik bertransisi dan menetapkan kebijakan flexible working, sebagai solusi sistem kerja pemerintahan dan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan flexible working di organisasi sektor publik, pada masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang menerapkan kebijakan flexible working bagi pegawainya. Terdapat aspek demografis yang berperan bagi pegawai, ketika melakukan flexible working. Penelitian ini mengidentifikasi hal-hal yang berpengaruh secara signfikan, dengan melihat hubungan antara faktor motivasional flexible working, faktor negatif flexible working, serta kualitas pribadi yang dibutuhkan saat flexible working, pada masing-masing kategori aspek demografis pegawai.Penelitian ini merupakan cross-sectional studies, dengan metode kuantitatif. Teknik perolehan data melalui metode survei, menggunakan kuesioner online. Populasi penelitian meliputi seluruh pegawai Kementerian Kominfo, baik PNS maupun non-PNS. Sedangkan sampel penelitian diambil menggunakan metode convenience sampling.Hasil penelitian menunjukkan faktor motivasional berupa kemungkinan bekerja secara individual, menjadi hal yang paling signifikan berpengaruh bagi pegawai dalam aspek demografis gender, pendidikan, dan masa kerja. Faktor negatif dalam pelaksanaan flexible working, cenderung lebih banyak dirasakan generasi lebih muda dan pegawai dengan masa kerja yang sedikit. Sedangkan kualitas pribadi yang dibutuhkan selama flexible working, antara lain: kemampuan bekerja secara mandiri, keterampilan manajemen waktu yang baik, literasi digital, kepemimpinan personal, ketrampilan komunikasi yang baik, dan tanggung jawab pribadi yang kuat untuk pekerjaan.