PERAN EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
Main Authors: | IYAN SATYA BUDI D, Dian Mufitasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
S1 PSIKOLOGI Universitas Gadjah Mada
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/209565 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Prokrastinasi merupakan kecenderungan menunda untuk memulai atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Pada konteks akademik prokrastinasi dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas, menunda mengerjakan tugas, maupun mengerjakan skripsi. Prokrastinasi yang dilakukan mahasiswa dilaporkan merupakan prokrastinasi disfungsional yang akan menimbulkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Efikasi diri diukur dengan General Self-efficacy Scale, sedangkan regulasi diri diukur dengan Schwarzer Self Regulation Scale yang keduanya dikembangkan oleh Ralf Schwarzer, dan untuk mengukur prokrastinasi akademik digunakan Procrastination Assessment Scale for Student yang dikembangkan oleh Solomon dan Rothblum. Partisipan penelitian meruakan mahasiswa yang masih aktif kuliah dan belum pernah mengambil cuti kuliah (N=186). Hasil yang didapat regulasi diri dan efikasi diri memprediksi prokrastinasi akademik, R2 = ,096, F(2, 183) = 9,721, p = ,000. Namun dalam uji t, efikasi diri tidak signifikan memprediksi prokrastinasi akademik, b = -,084, t(183) = -1,018, p = ,310.