ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BELI PRODUK DI SHOPEE SEBAGAI DAMPAK IKLAN SHOPEE DI TIKTOK

Main Authors: SULKHAN ARROSYID, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.,
Format: Thesis
Terbitan: MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA) Universitas Gadjah Mada , 2022
Subjects:
Online Access: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/209025
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi untuk pemasaran daring melaui media sosial semakin meningkat. Seperti pengguna TikTok yang terus meningkat dan saat ini TikTok sudah memiliki fitur untuk memasarkan produk secara daring secara lebih personal. Namun faktor yang dapat mempengaruhi pengguna TikTok di Indonesia untuk dapat menerima iklan TikTok dan pengaruhnya pada niat pembelian belum dapat sepenuhnya dipahami. Sehingga mengakibatkan kesenjangan pengetahuan bagi perusahaan untuk menggunakan iklan TikTok sebagai medium periklanan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum ada penelitian empiris yang menguji bagaimana hiburan, keinformatifan, kepercayaan, kemampuan interaktif, dan non-distraksi, memiliki pengaruh pada sikap terhadap iklan TikTok serta pengaruhnya pada sikap terhadap pembelian produk di Shopee dan pengaruhnya pada niat beli produk di Shopee. Selain itu pengaruh sikap terhadap pembelian pada Oleh karena itu, penulis melakukan survei persepsi konsumen tentang pengaruh hiburan, keinformatifan, kepercayaan, kemampuan interaktif, dan non-distraksi pada sikap terhadap iklan TikTok. Serta pengaruh sikap terhadap iklan, sikap terhadap pembelian, norma subjektif pada niat konsumen untuk membeli produk melalui situs belanja daring akibat Iklan melalui TikTok. Penelitian ini menggunakan metode penyampelan bertujuan khususnya metode penyampelan penghakiman dengan jumlah responden sebanyak 340 responden yang memiliki kriteria pengguna aplikasi TikTok, pernah melihat iklan TikTok, namun belum pernah melakukan pembelian langsung di shopee ketika melihat iklan TikTok. Metode pengujian model menggunakan pemodelan persamaan struktural. Semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima dan secara umum model penelitian ini bisa dibilang baik.