PEMBERDAYAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN SKILL SANTRI MELALUI PENDIDIKAN KHATIL QUR,AN

Main Author: Ginda, Ginda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2020
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jmm/article/view/10011
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jmm/article/view/10011/5422
ctrlnum article-10011
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PEMBERDAYAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN SKILL SANTRI MELALUI PENDIDIKAN KHATIL QUR,AN</title><creator>Ginda, Ginda</creator><description lang="en-US">AbstrakKajian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, persepsi dan skill santri, melalui kegiatan pemberdayaan dengan pendidikan khatil qur&#x2019;an. PAR (participatory Action Research)&#xA0; digunakan sebagai basis metode kegiatan, yakni memanfaatkan tehnik-tehnik PAR yang mengacu pada langkah-langkah dari model PAR University of Cambridge. Hasil yang diperoleh, terdapat perubahan, pemahaman dan persepsi positif&#xA0; santri terhadap khatil qur&#x2019;an, dan kondisi seperti menjadi dasar bagi penguatan karakater dan pengembangan skill santri dalam khatil qur&#x2019;an melalui proses pembelajaran. Kata Kunci : Pemberdayaan,Karakter, skill, khatil qur&#x2019;an. &#xA0;Abstrac&#xA0;This study aims to improve students' understanding, perceptions and skills, through empowerment activities by&#xA0; Qur&#x2019;anic khatil&#xA0; education. Participatory Action Research (PAR) is used as the basis for the activity method, which utilizes PAR techniques that refer to the steps of the University of Cambridge PAR model.The results obtained, there are changes, understanding and positive perceptions of students of the Qur'anic Khatil, and conditions such as being the basis for strengthening character and the development of students' skills in the Quranic Khatil through the learning process.&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0;&#xA0; Keywords&#xA0; : Empowerment, Character, skill, qur&#x2019;anic khatil</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-08-24</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jmm/article/view/10011</identifier><identifier>10.24014/jmm.v5i1.10011</identifier><source lang="en-US">Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat; Vol 5, No 1 (2020): Juni 2020; 1 - 18</source><source>2656-7741</source><source>2338-607X</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jmm/article/view/10011/5422</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat</rights><recordID>article-10011</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Ginda, Ginda
title PEMBERDAYAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN SKILL SANTRI MELALUI PENDIDIKAN KHATIL QUR,AN
publisher Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
publishDate 2020
url http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jmm/article/view/10011
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jmm/article/view/10011/5422
contents AbstrakKajian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, persepsi dan skill santri, melalui kegiatan pemberdayaan dengan pendidikan khatil qur’an. PAR (participatory Action Research) digunakan sebagai basis metode kegiatan, yakni memanfaatkan tehnik-tehnik PAR yang mengacu pada langkah-langkah dari model PAR University of Cambridge. Hasil yang diperoleh, terdapat perubahan, pemahaman dan persepsi positif santri terhadap khatil qur’an, dan kondisi seperti menjadi dasar bagi penguatan karakater dan pengembangan skill santri dalam khatil qur’an melalui proses pembelajaran. Kata Kunci : Pemberdayaan,Karakter, skill, khatil qur’an. Abstrac This study aims to improve students' understanding, perceptions and skills, through empowerment activities by Qur’anic khatil education. Participatory Action Research (PAR) is used as the basis for the activity method, which utilizes PAR techniques that refer to the steps of the University of Cambridge PAR model.The results obtained, there are changes, understanding and positive perceptions of students of the Qur'anic Khatil, and conditions such as being the basis for strengthening character and the development of students' skills in the Quranic Khatil through the learning process. Keywords : Empowerment, Character, skill, qur’anic khatil
id IOS7921.article-10011
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptma.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat
repository_id 7921
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
repoId IOS7921
first_indexed 2020-09-28T09:32:58Z
last_indexed 2020-10-18T23:42:28Z
recordtype dc
_version_ 1707866294401892352
score 17.538404