Pengaruh Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 18 Pekanbaru
Main Authors: | Fitri, Irma, Andriani, Lies, Yuliani, Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9386 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9386/5152 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang terdapat pada siswa SMPN18 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, serta melihat ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah kelas VIII.2 dan VIII.3 dengan menggunakan cluster random. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan komunikasi matematis, angket berupa lembar angket self efficacy, observasi berupa lembar observasi dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.