Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematis Siswa SMA

Main Authors: Yani, Winda Fitri, Muhandaz, Ramon, Fitri, Irma
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2020
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9114
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9114/4918
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/downloadSuppFile/9114/1293
Daftar Isi:
  • Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian factorial design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok kontrol. SAmpel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes pengetahuan awal, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan uji anova dua arah menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Osborn dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan maslaah matematis siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan penegtahuan awla matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.