Media Pembelajaran Matematika berbasis Komputer pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi Siswa SMP/MTs Kelas IX
Main Authors: | Fitriyani, Fitriyani, Sakur, Sakur, Maimunah, Maimunah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9006 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9006/4923 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer pada materi kesebangunan dan kekongruenan bagi siswa SMP/MTs Kelas IX yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan mediamenggunakan model R&D oleh Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Pengembangan dilakukan melalui tahapan: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data;(3) desain media; (4) validasi; (5) revisi; (6) uji coba; dan (7) revisi.Pada tahap potensi dan masalah, peneliti melakukan analisis kebutuhan dari hasil observasi di sekolah dan wawancara dengan guru Matematika.Berdasarkan analisis kebutuhan, media dikembangkan ke dalam empat kali pertemuan. Peneliti menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembuatan media, menggambar rancangan media pada kertas, kemudian merealisasikannya pada komputer sesuai rancangan yang telah dibuat. Media pembelajaran divalidasi oleh tiga orang ahli atau validator dan selanjutnya dilakukan revisi sesuai masukan validator. Media pembelajaran yang telah direvisi kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan di SMP N 4 Mandau. Hasil uji coba lapangan dilakukan untuk penyempurnaan media pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk menilai kelayakan media pembelajaran dan instrumen kepraktisan berupa angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa media pembelajaran matematika berbasis komputer pada materi kesebangunan dan kekongruenan bagi siswa SMP/MTs Kelas IX termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,30 sehingga layak untuk diuji cobakan, dan memenuhi syarat kepraktisan yang bermakna mudah untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IX.