Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMK

Main Authors: Yarti, Jenneri Anna, Hasanuddin, Hasanuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/8966
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/8966/4916
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluter random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMK Abdurrab Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XTLM1 sebagai kelas eksperimen dan XTLM2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.