Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Main Authors: Anggraini, Agustina, Andriani, Lies
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7807
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7807/4409
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/downloadSuppFile/7807/896
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif jika berdasarkan kepercayaan diri siswa SMP N 4 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif, 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif jika berdasarkan kepercayaan diri siswa, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan model eksploratif dan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model eksploratif berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan kepercayaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru.