Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Authors: Wirdayat, Syafrio Roni, Imamuddin, Muhammad, Kamal, Muhiddinur
Other Authors: Hasil Belajar, Moel Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation(GI),
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2019
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7346
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7346/4174
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/downloadSuppFile/7346/775
Daftar Isi:
  • Tujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation (GI)lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2018/ 2019.Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2018/ 2019.Pengambilan sampel dilakukan secara acak.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 87 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.C sebagai kelas kontrol.Data penelitian hasil belajar diperoleh dari tes uji coba.Selanjutnya hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation (GI) lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2018/ 2019.