Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Questions And Getting Answer (GQGA) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang

Main Authors: Saswita, Vivi, Isnaniah, Isnaniah, Sari, Rindang Kembar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7289
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7289/4167
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika yang mengikuti pembelajaran aktif tipe GQGA ini lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII kecuali kelas VIII.1 karena merupakan kelas unggul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa diperoleh rata-rata kelas eksperimen 77,43 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol 61,43 serta dari uji inferensial yang dilakukan dengan hasil analisis data adalah dan , karena maka ditolak dan diterima. Sedangkan dengan menggunakan Software Minitab diperoleh = 0.000 dan = 0.05, karena = < 0,05. Berdasarkan rata-rata dan uji t yang telah dilaukuan Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika yang mengikuti pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2018/2019 .