Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Model Learning Cycle 7E pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Authors: Oktavianda, Refina, Kamal, Muhiddinur, Fitri, Haida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7087
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7087/4147
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Uji coba dilakukan di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Sungai Pua. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Pua tahun pelajaran 2018/2019.