Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP
Main Authors: | Muhandaz, Ramon, Lestari, Meci Mawar, Kurniati, Annisah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7047 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7047/4136 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 32 Pekanbaru. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, kelas yang dipilih adalah kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 38 orang siswa.Data analisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Teknik analisis data menggunakan uji –t dan anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan pemecahan masalah setelah perlakuan diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah. Secara umum, pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP