Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah
Main Authors: | Haryanti, Susi, Sari, Arnida |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/6712 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/6712/4148 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari Adversity Quotient tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. . Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t untuk hipotesis 2 dan 4, uji-t’ untuk hipotesis 1 dan uji Mann Whitney U untuk hipotesis 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model Problem Based Instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari Adversity Quotient tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.