Pengaruh Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP

Main Authors: Rendani, Feby, Hartono, Hartono
Other Authors: mathematics education department
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/5395
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/5395/3829
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen serta desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (Two-Way Anova). Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teacing dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hasilnya di peroleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh . 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teaching dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar. Hasilnya diperoleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh dan 3) Tidak terdapat interaksi faktor pendekatan pembelajaran dan faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasilnya diperoleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh . Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota.