Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru
Main Authors: | Rahmayanti, Kiky Rizki, Hasanuddin, H., Nelson, Zulkifli |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774/3149 |
ctrlnum |
article-4774 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru</title><creator>Rahmayanti, Kiky Rizki</creator><creator>Hasanuddin, H.</creator><creator>Nelson, Zulkifli</creator><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMK Taruna Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas X TAV sebagai kelas eksperimen kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 dan 30 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa  pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh  pada taraf signifikan 5% yakni . Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi adalah  dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Dengan demikian secara umum pembelajaran aktifModeling The Wayberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-05-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774</identifier><identifier>10.24014/juring.v1i1.4774</identifier><source lang="en-US">JURING (Journal for Research in Mathematics Learning); Vol 1, No 1 (2018); 65-70</source><source>2621-7422</source><source>2621-7430</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774/3149</relation><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-4774</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Rahmayanti, Kiky Rizki Hasanuddin, H. Nelson, Zulkifli |
title |
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru |
publisher |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
publishDate |
2018 |
url |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774/3149 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMK Taruna Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas X TAV sebagai kelas eksperimen kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 dan 30 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh pada taraf signifikan 5% yakni . Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi adalah dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Dengan demikian secara umum pembelajaran aktifModeling The Wayberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. |
id |
IOS7907.article-4774 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptma.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) |
repository_id |
7907 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
repoId |
IOS7907 |
first_indexed |
2019-08-07T06:21:32Z |
last_indexed |
2020-03-04T07:32:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686581739710840832 |
score |
17.538404 |