Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru

Main Authors: Rahmayanti, Kiky Rizki, Hasanuddin, H., Nelson, Zulkifli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2018
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774/3149
ctrlnum article-4774
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru</title><creator>Rahmayanti, Kiky Rizki</creator><creator>Hasanuddin, H.</creator><creator>Nelson, Zulkifli</creator><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMK Taruna Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas X TAV sebagai kelas eksperimen kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 dan 30 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa &#xA0;pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh &#xA0;pada taraf signifikan 5% yakni . Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi adalah &#xA0;dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Dengan demikian secara umum pembelajaran aktifModeling The Wayberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-05-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774</identifier><identifier>10.24014/juring.v1i1.4774</identifier><source lang="en-US">JURING (Journal for Research in Mathematics Learning); Vol 1, No 1 (2018); 65-70</source><source>2621-7422</source><source>2621-7430</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774/3149</relation><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-4774</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Rahmayanti, Kiky Rizki
Hasanuddin, H.
Nelson, Zulkifli
title Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru
publisher Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
publishDate 2018
url http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4774/3149
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMK Taruna Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas X TAV sebagai kelas eksperimen kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 dan 30 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh pada taraf signifikan 5% yakni . Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi adalah dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Dengan demikian secara umum pembelajaran aktifModeling The Wayberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru.
id IOS7907.article-4774
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection JURING (Journal for Research in Mathematics Learning)
repository_id 7907
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
repoId IOS7907
first_indexed 2019-08-07T06:21:32Z
last_indexed 2020-03-04T07:32:33Z
recordtype dc
_version_ 1686581739710840832
score 17.538404