Pengembangan Modul Matematika Berbasis Active Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Main Authors: Andriadi, A., Fitraini, Depi, Suhandri, S.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4768
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4768/3148
ctrlnum article-4768
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan Modul Matematika Berbasis Active Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama</title><creator>Andriadi, A.</creator><creator>Fitraini, Depi</creator><creator>Suhandri, S.</creator><subject lang="en-US">Pendidikan Matematika</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul matematika berbasis active learningyang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 16 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis active learning. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. .Berdasarkan uji validitas,modul matematika berbasis active learningdinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 75,15%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul matematika berbasis active learning dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 71,61%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh persentase tingkat penguasaan yaitu 84,77%yang termasuk pada kategori tinggi.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-05-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4768</identifier><identifier>10.24014/juring.v1i1.4768</identifier><source lang="en-US">JURING (Journal for Research in Mathematics Learning); Vol 1, No 1 (2018); 55-64</source><source>2621-7422</source><source>2621-7430</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4768/3148</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 andriadi andriadi, depi fitraini, SUHANDRI SUHANDRI</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-4768</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Andriadi, A.
Fitraini, Depi
Suhandri, S.
title Pengembangan Modul Matematika Berbasis Active Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
publisher Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
publishDate 2018
topic Pendidikan Matematika
url http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4768
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4768/3148
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul matematika berbasis active learningyang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 16 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis active learning. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. .Berdasarkan uji validitas,modul matematika berbasis active learningdinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 75,15%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul matematika berbasis active learning dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 71,61%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh persentase tingkat penguasaan yaitu 84,77%yang termasuk pada kategori tinggi.
id IOS7907.article-4768
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection JURING (Journal for Research in Mathematics Learning)
repository_id 7907
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
repoId IOS7907
first_indexed 2019-08-07T06:21:32Z
last_indexed 2020-03-04T07:32:33Z
recordtype dc
_version_ 1686581739685675008
score 17.538404