Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika

Main Authors: Hariyomurti, Bambang, Prabawanto, Sufyani, Jupri, Al
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/10118
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/10118/5620
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang learning obstacle siswa pada pembelajaran barisan dan deret Aritmatika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan teknik wawancara. Peneliti yang merupakan instrumen utama berperan dalam segala proses kegiatan penelitian, mulai dari menetapkan fokus penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data sampai membuat kesimpulan. Di samping itu, peneliti juga menggunakan instrumen soal tes learning obstacle dan panduan wawancara. Data dianalisis dengan mengikuti serangkaian kegiatan berupa mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami learning obstacle pada pembelajaran barisan dan deret aritmetika. Learning obstacle yang terjadi meliputi ontogenic obstacle, didactical obstacle, maupun epistemological obstacle.