ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA APLIKASI REVENUE ASSURANCE PEMBENAHAN DATA PELANGGAN (PDP) MENGGUNAKAN METODE TAM

Main Authors: Dalimunthe, Nurmaini, Rianto, Rianto, Adawiyah, Arabiatul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2020
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/9553
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/9553/5380
Daftar Isi:
  • Aplikasi Revenue Assurance Pembenahan Data Pelanggan (PDP) merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna untuk memperbaiki data pelanggan dan menyimpan berkas data pelanggan secara digital sehingga mempermudah pengguna dalam memcari data pelanggan yang diinginkan. Dalam penggunaan aplikasi revenue assurance PDP ini masih ada pengguna yang belum mengetahui kemudahan dan manfaat yang ada pada aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pengguna aplikasi revenue assurance PDP dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang dimodifikasi, yaitu Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) sebagai variabel independen sedangkan Acceptance of IT sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 50 orang pengguna. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan aplikasi revenue assurance PDP sebesar 71,12%. Dipengaruhi oleh faktor persepsi kemudahan (perceived ease of use) sebesar 66,08% dan persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness) sebesar 74,41%. Hal ini dapat membuktikan bahwa apabila nilai dari faktor kemudahan dan manfaat meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap sistem informasi akan meningkat.. Kata Kunci: PEOU, PU, Revenue Assurance PDP, TAM.