Studi Komparatif Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun yang Mengikuti Pendidikan Non-Formal dan yang Tidak Mengikuti Pendidikan Non-Formal di Tk Se-Kecamatan Logas Tanah Darat

Main Authors: Nadila, Aulia Vendik, Febrialismanto, Febrialismanto, Solfiah, Yeni
Other Authors: Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Education , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/863
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/863/708
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun anak yang mengikuti pendidikan non-formal, mengetahui kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun anak yang tidak mengikuti pendidikan non-formal, serta perbedaan diantara keduanya dengan objek penelitian di TK- Se-Kecamatan Logas Tanah Darat Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode komparatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan non formal memberikan pengaruh terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun. Terdapat perbedaan kemampuan keaksaraan awal antara anak usia 5-6 tahun yang diberikan pendidikan non formal dengan anak usia 5-6 tahun yang tidak mengikuti pendidikan non formal.