COMPETENCY BASED ASSESSMENT SEBAGAI MODEL PENGUJIAN KOMPETENSI DI SMK

Main Author: Jubaedah, Yoyoh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FTK Universitas Pendidikan Ganesha , 2012
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/63
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/63/57
Daftar Isi:
  • Penyelenggaraan pendidikan di SMK perlu adanya kesepadanan atau kesesuaian dengandunia kerja (link and match), sehingga kompetensi peserta didik memenuhi tuntutan kompetensi dilapangan kerja. Untuk mengetahuai kesesuain tersebut, maka perlu dilaksanakan penilaian hasilbelajar atau uji kompetensi terhadap capaian kompetensi peserta didik sesuai dengan tuntutankompetensi yang dibutuhkan lapangan kerja. Pengujian kompetensi di SMK pada dasarnyamerupakan bagian integral dari proses pembelajaran, yang perlu diarahkan untuk menilai kinerjapeserta didik dengan memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil belajarnya secaraberkesinambungan. Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan secara langsung pada saat peserta didikmelakukan aktivitas belajar, maupun secara tidak langsung melalui bukti hasil belajar sesuai dengankriteria kinerja atau performance criteria. Oleh karena itu sistem penilaian untuk kelompok matapelajaran produktif menitikberatkan pada penilaian hasil belajar berbasis kompetensi atauCompetency Based Assessment.Kata Kunci : Penilaian, Kompetensi, Pengujian, SMK