PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM

Main Authors: Ulfah, Aulia Agrindha, Jumiarni, Dewi, Yennita, Yennita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Unib press Universitas Bengkulu , 2020
Online Access: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/8591
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/8591/6699
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif yaitu 53,12% di siklus I menjadi 75% di siklus II. Sedangkan ranah psikomotor rerata skor pada siklus I adalah 9,28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 10,63 dengan kategori baik. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada Kelas VIIB SMPN 22 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Discovery Learning pada materi Sistem Koordinasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.