PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE

Main Authors: Halhaji, Prendi Niki, Idrus, Irdam, Irawati, Sri
Other Authors: Universitas Bengkulu
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Unib press Universitas Bengkulu , 2020
Online Access: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/7926
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/7926/6696
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model koperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media puzzle di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi penilaian hasil belajar ranah psikomotor. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I yaitu 59,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% (tuntas). Sedangkan dalam ranah psikomotor pada siklus I dengan rerata skor hasil belajar psikomotor peserta didik dari 13,81 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 14,86. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan.Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar