PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENILAI KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSERVASI KURA-KURA

Main Authors: Trisna, Dwi Martha, Ruyani, Aceng, Yennita, Yennita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Unib press Universitas Bengkulu , 2019
Online Access: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6815
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6815/3406
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan LKPD konservasi kura-kura pada materi pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan menilai kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura peserta didik. Jenis penelitian adalah Research and Development (RnD) yaitu penelitian untuk mengembangkan suatu produk. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Penilaian perilaku konservasi peserta didik menggunakan angket konservasi kura-kura diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor-indoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi pengembangan LKPD dengan persentase 80-86,67%, memiliki kriteria “sangat valid” dan terjadi peningkatan perilaku konservasi kura-kura peserta didik sebesar 5,46 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sangat layak diujicoba dan efektif untuk meningkatkan kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura bagi peserta didik.Kata kunci: Kura-kura sumatera, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), RnD