PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Main Authors: | Novita, Fidya, Irawati, Sri, Jumiarni, Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unib press Universitas Bengkulu
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6811 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6811/3403 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik di Kelas VIII5 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru peneliti dan seluruh siswa kelas VIII5SMPN 4 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model discovery learning, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 18 (baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 21 (baik). Hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 18 (baik), dan pada siklus II skor aktivitas siswa menjadi 21 (baik). Selanjutnya persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 65,71% yang termasuk kedalam kriteria belum tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 82,85% dan termasuk dalam kriteria tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII5SMPN 4 Kota Bengkulu.Kata kunci: model discovery learning, pendekatan saintifik , aktivitas, dan hasil belajar