MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DALAM KONDISI DARURAT PASCA GEMPA PADA POKOK BAHASAN PEMBELAHAN SEL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA DI SMA NEGERI 1 MOYO HULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | Sawiyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Samawa
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/22 http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/22/21 |
Daftar Isi:
- Karya tulis ini berjudul “Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Biologi Siswa dalam Kondisi Darurat Pasca Gempa pada Pokok Bahasan Pembelahan Sel dengan Menggunakan Media Sederhana di SMA Negeri 1 Moyo Hulu tahun pelajaran 2018/2019”. Lahirnya karya tulis ini dilatar belakangi oleh kondisi kejiwaan peserta didik yang sedang mengalami trauma akibat gempa yang mengguncang pulau Lombok dan Sumbawa pada bulan Agustus 2018 lalu. Akibatnya motivasi belajar peserta didik semakin menurun yang berdampak pada menurunnya prestasi hasil belajar. Sehingga guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk mengembalikan motivasi peserta didik pasca gempa. Disamping itu kemampuan peserta didik dalam menganalisis gambar dan menginterpretasikan konsep / teori ke gambar juga sangat rendah. Metode yang digunakan pada pembelajaran dalam kondisi darurat pasca gempa yang menjadi pilihan penulis adalah metode kajian literatur dan diskusi kelompok yang dirangkaikan dengan pembuatan media sederhana. Berdasarkan hasil pelaksanaan proses pembelajaran tersebut, menunjukkan bahwa pembuatan media sederhana oleh peserta sebagai bentuk menginterpretasikan pemahamannya dalam pengamatan gambar dan kajian literatur, mampu meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan pembelahan sel.